Banner

Sebagai institusi pelayanan kesehatan publik, RSUD Kota Bogor memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan bahwa seluruh layanan dan kegiatan dilakukan dengan integritas dan transparansi yang tinggi. kepercayaan dan kepuasan pasien sangat bergantung pada kemampuan dalam memberikan layanan yang bermutu tinggi dengan etika yang baik.

Zona Integritas (ZI) merupakan sebuah predikat yang diberikan kepada sebuah lembaga yang pimpinan beserta jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Untuk mendukung terwujudnya Zona Integritas ada beberapa area perubahan, yaitu :

  1. Manajemen Perubahan.
  2. Penataan Tata Laksana.
  3. Penataan Manajemen SDM.
  4. Penguatan Akuntabilitas.
  5. Penguatan Pengawasan dan Area.
  6. Peningkatan Kualitas Pelayan Publik.

Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) adalah predikat bagi suatu lembaga yang telah berhasil memenuhi sebagian besar 6 area perubahan/ komponen pengungkit Zona Integritas dengan Baik ,menjadikan birokrasi yang bersih dan akuntabel didukung dengan pelayanan publik yang baik.

Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) adalah predikat bagi suatu lembaga yang telah berhasil memenuhi sebagian besar 6 area perubahan/ komponen pengungkit Zona Integritas dengan Sangat Baik ,menjadikan birokrasi yang bersih dan akuntabel didukung dengan pelayanan publik yang baik.

Kini inovasi - inovasi berbasis teknologi dan digital terus dikembangkan untuk meningkatkan pelayanan termasuk pada pelayanan kesehatan, Kami Rumah sakit Umum Kota Bogor pun melakukan beberapa inovasi dalam upaya mewujudkan visi - misi kami. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor dengan inovasi - inovasi kami berniat memudahkan pasien dan keluarga pasien sebagai bentuk peningkatan kualitas pelayanan publik. Berikut video yang menampilkan inovasi - inovasi RSUD Kota Bogor

Dalam membangun Zona Integritas, RSUD Kota Bogor menilai penting motivasi menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Ada 5 point penting dalam mencapai sukses WBK/WBBM antara lain:

  1. Menjadi Manusia Terbaik
  2. Sukses Sebuah Pilihan
  3. Teruslah Berharap
  4. Libatkan Allah SWT dalam setiap Langkah Kita
  5. Pantang Menyerah

Survey layanan merupakan pengumpulan data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat dan pasien dalam pelayanan RSUD Kota Bogor. Survey tersebut dilakukan demi mengetahui kinerja dari pemberi pelayanan publik dan sebagai penilaian, acuan dan tolak ukur dalam upaya peningkatkan kualitas pelayanan publik.

Berdasar Undang-Undang No. 14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik. Undang-undang yang terdiri dari 64 pasal ini memberikan kewajiban kepada setiap Badan Publik untuk membuka akses bagi setiap pemohon informasi publik untuk mendapatkan informasi publik, kecuali beberapa informasi tertentu.

UU No. 14 Tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik bertujuan untuk:

  1. Menjamin hak warga negara untuk mengetahui rencana pembuatan kebijakan publik, program kebijakan publik, dan proses pengambilan keputusan publik, serta alasan pengambilan suatu keputusan publik.
  2. Mendorong partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan publik.
  3. Meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pengambilan kebijakan publik dan pengelolaan Badan Publik yang baik.
  4. Mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik, yaitu yang transparan, efektif dan efisien, akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan.
  5. Mengetahui alasan kebijakan publik yang mempengaruhi hajat hidup orang banyak.
  6. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan mencerdaskan kehidupan bangsa.
  7. Meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi di lingkungan Badan Publik untuk menghasilkan layanan informasi yang berkualitas.

Mengacu pada UU tersebut, RSUD Kota Bogor melakukan Keterbukaan Informasi Publik dengan melakukan transparansi dokumen-dokumen yang tidak bersifat privasi, atau rahasia dan bersifat publik yang dapat diakses diberbagai media seperti website ini, media cetak seperti buletin dan media masyarakat beserta dokumen fisik langsung.