Memperoleh informasi mengenai tata tertib dan peraturan yang berlaku di Rumah Sakit
Memperoleh informasi tentang hak dan kewajiban pasien
Memperoleh layanan manusiawi, adil, jujur dan tanpa diskriminasi
Memperoleh layanan Kesehatan yang bermutu sesuai dengan standar profesi dan standar prosedur operasional
Memperoleh layanan yang efektif sehingga pasien terhidar dari kerugian fisik dan materi
Mengajuan pengaduan atas kualitas pelayanan yang didapatkan
Memilih dokter dan kelas perawatan sesuai dengan keinginannya dan peraturan yang berlaku di rumah sakit
Meminta konsultasi tentang penyakit yang dideritanya kepada dokter lain yang mempunyai Surat Izin Praktek (SIP) baik di dalam maupun di luar Rumah Sakit
Mendapatkan privasi dan kerahasiaan penyakit yang diderita termasuk data-data medisnya
Mendapatkan informasi yang meliputi diagnosis dan tata cara Tindakan medis, tujuan Tindakan medis, alternative Tindakan, risiko dan komplikasi yang mungkin terjadi, dan prognosis terhadap Tindakan yang dilakukan serta perkiraan biaya pengobatan
Memberikan persetujuan atau menolak atas Tindakan yang akan dilakukan oleh tenaga Kesehatan terhadap penyakit yang dideritanya
Didampingi keluarganya dalam keadaan kritis
Menjalankan ibadah sesuai agama atau kepercayaan yang dianut selama dalam perawatan di rumah sakit
Memperoleh keamanan dan keselamatan dirinya selama dalam perawatan di Rumah Sakit
Mengajukan usul, saran, perbaikan atas perlakukan Rumah Sakit terhadap dirinya
Menolak pelayanan bimbingan rohani yang tidak sesuai dengan agama atau kepercayaan yang dianutnya selama dalam perawatan di Rumah Sakit
Menggugat dan/ atau menuntut tumah sakit apabila Rumah Sakit diduga memberikan pelayanan yang tidak sesuai dengan standar baik secara perdata ataupun pidana
Mengeluhkan Pelayanan Rumah Sakit tidak sesuai dengan standar pelayanan melalui media cetak dan elektronik sesuai dengan peraturan perundang-undangan
Kewajiban Pasien dan Keluarga
Mematuhi peraturan yang berlaku di rumah sakit
Menggunakan fasilitas rumah sakit secara bertanggungjawab
Menghormati hak-hak pasien lain, pengunjung dan hak Tenaga Kesehatan serta petugas lainnya yang bekerja di rumah sakit
Memberikan informasi yang jujur, lengkap dan akurat sesuai kemampuan dan pengetahuannya tentang masalah kesehatannya
Memberikan informasi mengenai kemampuan finansial dan jaminan Kesehatan yang dimilikinya
Mematuhi rencana terapi yang direkomendasikan oleh Tenaga Kesehatan di rumah sakit dan disetujui oleh pasien yang bersangkutan setelah mendapatkan penjelasan sesuai ketentuan perundang-undangan
Menerima segala konsekuensi atas keputusan pribadinya untuk menolak rencana terapi yang direkomendasikan oleh tenaga Kesehatan dan /atau tidak memenuhi petunjuk yang diberikan oleh Tenaga Kesehatan dalam rangka penyembuhan penyakit atau masalah Kesehatan
Memberikan imbalan jasa atas pelayanan yang diterima